Faktor Pengendalian Operasional dan Kualitas Manajemen
Operasi (produksi)semua kegiatan invilved dalam membuat produk, barang dan
jasa bagi pelanggan. Jasa operasi (produksi jasa)menyediakan produk jasa
tidak berwujud dan nyata
Barang operasi (produksi yang baik)menghasilkan produk-produk
nyata
Manajemen
operasional bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam
organisasi. Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan
dalam fungsi operasi.
Pada definisi
diatas, ada tiga hal yang perlu
diperhatikan :
Fungsi,
Manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola departemen atau fungsi
dalam organisasi yang memproduksi barang dan jasa
Sistem,
Mengacu pada sistem transformasi yang memproduksi barang atau jasa.
Termasuk didalamnya adalah membuat rancangan dan analisis operasi
Keputusan,
Menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen
opersional.
Fungsi operasi dalam organisasi
Fungsi (sistem)
operasi adalah bagian dari organisasi yang ada terutama untuk membuat dan
menghasilkan produk perusahaan, barang maupun jasa.
Sasaran operasi
Ditetapkan
sebagai kriteria pengukuran prestasi :
Biaya, yang
meliputi biaya tenaga kerja, biaya modal dan biaya opersi tahunan
Kualitas, sebagai sasaran maka kualitas produk atau
jasa harus dijaga untuk kepuasan pelanggan
Penyerahan, mengacu pada kemampuan operasi untuk memenuhi
permintaan penyerahan produk atau jasa kepada pelanggan secara konsisten
Fleksibilitas, dalam operasi produksi adalah reaksi yang
cepat terhadap perubahan volume dan memperkenalkan produk baru
PENGENDALIAN STRATEGIS
P. Lorange, M. F
. S. Goshal mengidentifikasikan 3 jenis pengendalian yakni :
1. Pengendalian strategis.
2. Pengendalian traktis.
3. Pengendalian operasional.
HIRARKI PENGENDALIAN
Lorange, Morton,
dan Goshal ada hirarki dalam pengendalian yakni :
1. Tingkat korporasi
2. Tingkat divisional
3. Tingkat fungsional
PEDOMAN DALAM PENGENDALIAN YANG TEPAT
1. Pengendalian yang dilakukan hanya melibatkan sejumlah kecil
informasi yang diperlukan
2. Pengendalian hanya memantau aktivitas dan hasil yang memiliki arti
cukup besar
3. Pengendalian harus tepat pada waktunya
4. Pengendalian jangka panjang harus dilakukan seperti halnya
pengendalian jangka pendek
5. Pengendalian harus menunjukkan kekecualian dengan tepat
6. Pengendalian harus digunakan untuk memenuhi penghargaan yang akan
diberikan atau melebihi standar yang telah ditetapkan
ARTI MANAJEMEN KUALITAS
Suatu proses atau
cara dimana perusahaan meningkatkan kreativitas yang digunakan untuk produk
atau jasa yang diproduksi guna mencapai sasaran pasar. Ini bertujuan agar
pelanggan menjadi loyal terhadap produk kita dan yang paling pening tidak bosan
atau jenuh untuk membeli produk kita.
Belum ada Komentar untuk "Faktor Pengendalian Operasional dan Kualitas Manajemen"
Posting Komentar