Faktor Pengendalian Operasional dan Kualitas Manajemen

manajemen operasi


Operasi (produksi)semua kegiatan invilved dalam membuat produk, barang dan jasa bagi pelanggan. Jasa operasi (produksi jasa)menyediakan produk jasa tidak berwujud dan nyata
Barang operasi (produksi yang baik)menghasilkan produk-produk nyata
            Manajemen operasional bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi. Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi.

Pada definisi diatas,  ada tiga hal yang perlu diperhatikan :
Fungsi,  Manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola departemen atau fungsi dalam organisasi yang memproduksi barang dan jasa
Sistem,  Mengacu pada sistem transformasi yang memproduksi barang atau jasa. Termasuk didalamnya adalah membuat rancangan dan analisis operasi
Keputusan,  Menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen opersional.

Fungsi operasi dalam organisasi
Fungsi (sistem) operasi adalah bagian dari organisasi yang ada terutama untuk membuat dan menghasilkan produk perusahaan, barang maupun jasa.

Sasaran operasi
Ditetapkan sebagai kriteria pengukuran prestasi :
Biaya,  yang  meliputi biaya tenaga kerja, biaya modal dan biaya opersi tahunan
Kualitas,  sebagai sasaran maka kualitas produk atau jasa harus dijaga untuk kepuasan pelanggan
Penyerahan,  mengacu pada kemampuan operasi untuk memenuhi permintaan penyerahan produk atau jasa kepada pelanggan secara konsisten
Fleksibilitas,  dalam operasi produksi adalah reaksi yang cepat terhadap perubahan volume dan memperkenalkan produk baru

PENGENDALIAN STRATEGIS
P. Lorange, M. F . S. Goshal mengidentifikasikan 3 jenis pengendalian yakni :
1.      Pengendalian strategis.
2.      Pengendalian traktis.
3.      Pengendalian operasional.

HIRARKI PENGENDALIAN
Lorange, Morton, dan Goshal ada hirarki dalam pengendalian yakni :
1.      Tingkat korporasi
2.      Tingkat divisional
3.      Tingkat fungsional

PEDOMAN DALAM PENGENDALIAN YANG TEPAT
1.      Pengendalian yang dilakukan hanya melibatkan sejumlah kecil informasi yang diperlukan
2.      Pengendalian hanya memantau aktivitas dan hasil yang memiliki arti cukup besar
3.      Pengendalian harus tepat pada waktunya
4.      Pengendalian jangka panjang harus dilakukan seperti halnya pengendalian jangka pendek
5.      Pengendalian harus menunjukkan kekecualian dengan tepat
6.      Pengendalian harus digunakan untuk memenuhi penghargaan yang akan diberikan atau melebihi standar yang telah ditetapkan

ARTI MANAJEMEN KUALITAS
Suatu proses atau cara dimana perusahaan meningkatkan kreativitas yang digunakan untuk produk atau jasa yang diproduksi guna mencapai sasaran pasar. Ini bertujuan agar pelanggan menjadi loyal terhadap produk kita dan yang paling pening tidak bosan atau jenuh untuk membeli produk kita.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Faktor Pengendalian Operasional dan Kualitas Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel